Menyempatkan waktu untuk berlibur ke pantai merupakan salah satu destinasi liburan yang bisa dibilang sudah mainstream. Ganti destinasi liburan Anda untuk berlibur ke candi. Salah satu candi yang direkomendasikan bagi Anda yang ingin berlibur ke candi adalah Candi Borobodur. Mungkin sudah banyak orang yang tahu tentang sejarah dan juga letak Candi Borobudur ini. jangan salah, di Candi ini terdapat banyak spot foto yang bagus, yang cocok bagi Anda yang inigin memperindah feeds Instagram Anda. Selain Anda menikmati keindahan segi bangunan yang dimiliki oleh Candi ini, Anda bisa mengunjungi Candi Borobudur dengan mengunjungi festivalnya. Festival apa yang diselenggarakan di Candi Borobudur ini?

Candi Borobudur terletak di kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Setiap hari raya Waisak lebih tepatnya setiap bulan Mei. Candi Borobudur ini mengadakan acara pelempasan lampion ke langit yang bisa di ikuti oleh semua orang yang datang pada saat itu. bisa diikuti oleh turis mancanegara maupun domestik dan juga warga-warga yang tinggal disekitar Candi Borobudur. Festival ini tidak hanya sekedar festival, namun juga memiliki tujuan bagi umat yang merayakan yaitu umat Buddha. Tujuan pelepasan lampion ke langit tersebut adalah untuk bisa mendapatkan harapan terbaik dalam jangka waktu satu tahun ke depan. Festival ini diadakan setiap tahun tentunya. Biasanya festival ini diadakan pada malam hari ini yaitu sekitar pukul 22.00 WIB. Jika Anda ingin mengabadikan keindahan lampion-lampion tersebut, Anda bisa datang pada saat hari Waisak.

Festival di Candi Borobudur
Festival di Candi Borobudur

Melihat dan menikmati indahnya festival di Candi Borobudur ini memang suatu hal yang tidak boleh Anda lewatkan. Namun, selain melihat festival, Anda juga bisa berwisat sejarah atau mungkin mengambil foto si spot-spot yang sekiranya bagus pada saat jam operasional Candi. Candi Borobudur ini buka pada pukul 06.00 WIB hingga 17.00 WIB. Sedangkan, harga tiket masuk yang di bandrol untuk orang dewasa Rp. 40.000 dan tiket untuk anak-anak Rp. 20.000.

Jika Anda ingin berlibur ke Candi ini, Anda tidak perlu bingung dengan transportasinya. Perlu Anda ketahui bahwa untuk menuju Candi ini tidak ada kendaraan umum. Jadi, Anda harus menggunakan kendaraan pribadi untuk bisa sampai ke Candi Borobudur tersebut. Jika Anda tidak membawa kendaraan pribadi, Anda bisa ke tempat sewa mobil di Jogja untuk Anda gunakan ke Candi Borobudur. Jangan khawatir, di Jogja banyak sekali tempat sewa mobil. Jarak Candi dari pusat kota Yogyakarta sekitar 50 kilometer lebih, tidak terlalu jauh juga tidak terlalu dekat. Hingga saat ini belum ada kendaraan umum yang bisa sampai ke Candi Borobudur. Hal ini dikarenakan kawasan candi Borobudur berada di tengah-tengah pemukiman.

Festival yang diadakan di Candi Borobudur ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi para turis domestik dan mancanegara. Hal ini dikarenakan festival pelepasan lampion sudah banyak diadakan di kota-kota selain di kota Yogyakarta. Terkadang pelepasan lampion dilaksanakan tidak hanya di candi yang menganut agama Buddha, namun bisa juga dilaksanakan di pantai dan tempat terbuka lainnya.

Bagi Anda yang berminat untuk mengikuti festival lampion ini, mungkin Anda bisa memesan terlebih dahulu untuk tiket masuknya dari jauh-jauh hari agar tidak kehabisan. Bukankah mengikuti festival lampion di Candi Borobudur merupakan rencana liburan yang sangat mengasyikkan? Sempatkan waktu Anda bersama teman, keluarga dan pacar Anda untuk menghadiri dan ikut meramaikan festival lampion ini yang hanya diadakan setahun sekali. Selamat Berlibur!

Bagikan Ke Teman-Teman Ya!