Harga Tiket Masuk Borobudur Sunrise & Jam Buka Wisata Borobudur Sunrise

Berlibur ke tempat wisata seperti wahana air, wahana permainan dan sejenisnya mungkin sudah biasa bagi orang – orang. contohnya seperti berkunjung ke Pantai atau berkunjung ke tempat – tempat yang menyediakan wahana permainan. Jadi, liburan apa yang sederhana namun juga menyenangkan? Pernahkah Anda terpikir untuk berwisata ke dataran tinggi untuk melihat sunrise? Kebanyakan orang berpikir bahwa melihat sunrise harus ke pegunungan atau ke perbukitan. Mungkin Anda harus menghilangkan asumsi tersebut. Melihat sunrise juga bisa dengan cara Anda menuju ke gedung yang tinggi atau bangunan yang tinggi. Salah satunya adalah melihat sunrise dari Borobudur. Biasanya orang – orang menyebut sebagai Borobudur Sunrise.

Untuk bisa melihat Borobudur Sunrise biasanya orang – orang menggunakan agen wisata untuk bisa sampai ke Borobudur, karena semua kendaraan sudah disiapkan dari agen wisata. Namun, jika Anda memutuskan untuk melihat Borobudur sunrise tanpa agen wisata juga bisa. Bahkan sangat mudah sekali. Anda cukup menggunakan kendaraan pribadi Anda seperti motor atau mobil untuk menuju ke Borobudur. Anda hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi, tidak bisa menggunakan kendaraan umum. Karena untuk melihat sunrise tentu Anda harus berangkat sebelum sunrise tersebut muncul. Belum ada kendaraan umum yang beroperasi pada pagi hari. Sebenarnya menggunakan kendaraan pribadi memang lebih nyaman karena Anda bisa berkeliling wilayah Borobudur.

Rute menuju perjalanan ke Borobudur memang lumayan jauh jika di tempuh dari pusat kota Yogyakarta. Borobudur sudah masuk ke Kabupaten Magelang, sehingga Anda harus menempuh perjalanan yan cukup jauh dan bisa dibilang perjalanan yang membosankan karena memang tidak ada pemandangan yang indah di sisi jalannya. Untuk jam buka dan harga tiket Borobudur sunrise ini jam buka pada pukul 05.00 WIB dan harga tiket sama seperti harga tiket biasanya Rp. 40.000/orang. Jadi, Anda harus menaiki anak tangga yang bisa dibilag cukup banyak dan tinggi untuk bisa mecapai puncak Borobudur. Sehingga Anda harus memperhatikan kesehatan tubuh Anda. Anda harus fit ketika naik ke puncak Borobudur karena memang bukan perjalanan yang singkat.

Mengapa banyak orang berpikir bahwa melihat sunrise lebih bagus dan lebih indah ketika melihat di perbukitan atau di pegunungan. Perlu Anda ketahui bahwa jika Anda melihat sunrise dari atas puncak Borobudur akan lebih bagus dan lebih indah sunrise tersebut. Mengapa disebut sebagai Borobudur Sunrise, karena memang Anda bisa melihat sunrise tersebut dari atas puncak Borobudur.

Setelah mengetahui sedikit mengenai Borobudur Sunrise apakah Anda berminat untuk mengunjungi Borobudur Sunrise ini? lebih asyik jika Anda mengajak teman , sahabat, keluarga atau pacar Anda untuk berlibur bersama melihat indahnya sunrise dar atas puncak Borobudur. Selamat Berlibur!

Nikmati Segarnya Pemandian Candi Umbul

Bagi kamu yang suka banget dan memiliki hobi travelling, maka cobain deh kunjungi daerah Magelang. Disini kamu bisa menemukan banyak sekali tempat wisata yang bisa dijadikan destinasi menarik yang bakalan membuat kamu kagum dan bisa banget untuk pelepas lelah. Magelang mungkin akan terkenal dengan adanya candi Borobudur yang merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia. Dan tak jauh dari sana, kamu bisa melepas segala penat dengan mandi di tempat wisata pemandian candi umbul.

Lokasi & Harga Tiket Masuk Pemandian Candi Umbul

Lokasi pemandian candi umbul ini berada di desa Kartoharjo yang ada di daerah kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang dan ada di Provinsi Jawa Tengah. Ini merupakan sebuah tempat wisata pemandian yang sesuai dengan namanya berupa sebuah situs peninggalan dari zaman purbakala yang dahulunya dibangun di dekat sumber air panas. Seperti halnya pemandian air hangat yang lain, tempat ini juga akan memanjakan pengunjungnya dengan segarnya berendam di kolam pemandian air hangat tersebut. Bahkan pengunjung yang bisa mengunjungi kawasan wisata ini hanya perlu mebayar seharga Rp. 4.500 hingga 7.000 per orang untuk harga tiket masuk pemandian candi umbul tersebut.

Asal Usul dan Sejarah Singkat Pemdian Candi Umbul

Nama dari pemandian candi umbul ini sebenarnya diambil dari bahasa jawa yaitu “mumbul” atau diartikan sebagai kata “anik” dimana air yang ada di kolam pemandian seperi gelembung-gelembung yang selalu naik kepermukaan. Namanya saja pemandian air panas, ya kan? Nah inilah mengapa dinamai umbul. Sedangkan peninggalan sejarah ini diyakini konon peninggalan dari dinasti Syailendra.

Walaupun ada beberapa pendapat lain yang menyatakan bahwa candi umbul adalah candi peninggalan dari dinasti Sanjaya, karena beberapa corak dan relief yang ada menggambarkan relief binatang maupun tumbuhan dan syarat akan agama Hindu. Dan dinasti Sanjaya adalah dinasti Hindu yang memungkinkan memiliki candi umbul ini. Terlepas dari kebenaran sejarah dan mitos yang berkembang tentang candi umbul ini, pengunjung akan tetap dimanjakan dengan adanya pemandian air hangat yang akan menjadi hal menarik ketika mengunjungi daerah bersejarah ini.

Untuk masalah rute menuju pemandian candi umbul sendiri tidaklah sulit ditemukan. Karena pemandian candi umbul ini sudah sangta terkenal dan bisa dikunjungi dari jam 6 pagi hingga jam 6 sore. Jadi bisa banget buat berendam dan mandi sepuasnya disni. Kolam yang ada di daerah ini sebenarnya dibagi menjadi 2 tempat. Dimana kedua kolam tersebut memiliki struktur air yang berbeda. Kolam pada bagian atas atau kolam utama adalah kolam air hangat yang sumber airnya akan mengandung zat belerang dan kolam yang kedua dan terletak di bagian bawah adalah kolam biasa yang memiliki air dingin biasa.

Seluruh dinding kolam di pemandian candi umbul ini telah didasari dan terdiri dari lapisan bebatuan andesit. Dimana menurut keyakinan masyarakat setempat, ini dulunya adalah tempat pemandian dari anggota kerajaan atau para putra dan putri bangsawan. Pengunjung bahkan bisa menikmati indahnya relief yang didapati di tepian kolam, berjejer dengan rapinya. Secara keseluruhan pemandian candi umbul ini tentunya masih sangat kental dengan nuansa bersejarah dan tradisi kuno. Dimana terdapat pondasi atu dikenal dengan nama umpak di setiap sudut kolam yang berfungsi sebagai atap pelindung atau tiang penyangga. Nah, jika ingin melakukan perjalanan sembari menikmati nikmatnya pemandian air hangat di daerah Magelang, jawa Barat maka akan sangat disarankan untuk mengunjungi pemandian candi umbul ini.

Nikmati Liburan Seru Mengunjungi Ketep Pass

Sebelum kita mebahas tentang tempat wisata yang satu ini, nama yang digunakan cukup unik, ya? Ketep pass adalah salah satu tempat wisata populer di Magelang. Lokasi ketep pass ini ada di jl. Ketep, Sawangan, Magelang di Jawa Barat. Lokasi ketep pass ini sendiri sebenarnya ada di puncak bukit Sawangan. Ini adalah bukit yang berada diantara gunung Merbabu dan Merapi. Luas daerah ketep pass ini adalah 8000 m2 sedangkan ketinggiannya mencapai 1200mdpl. Inilah mengapa daerah ini menjadi sangat segar dan sejuk.

Rute ketep pass ini sangat mudah di temukan dan dijangkau oleh para pengunjung atau traveller, dimana dapat ditempuh baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Untuk mengunjungi ketep pass anda bisa menempuh desa Kaponan atau melalui Kopeng. Bahkan ini bisa ditempuh hanya dengan menggunakan 1,5 hingga 2 jam perjalanan jika anda menempuhnya dari kawasan Jogja. Sedangkan harga tiket masuk ketep pass tidaklah mahal dimana ini akan memakan biaya sebesar Rp. 10.500 per orang pada hari senin hingga sabtu, Rp. 12.500 per orang pada hari minggu dan hari libur nasional.

Dan jam buka dari tempat wisata ketep pass ini adalah dari jam 6 pagi hingga jam 5 sore. Karena di dalam ketep pass ada Ketep Volcano theatre dan teropong maka untuk mengunjunginya anda perlu mebayar sebesar Rp. 5.000 untuk tiket terpong dan Rp. 7.000 untuk masuk ke theatre. Sedangkan untuk parkir sepeda motor Rp. 2.000 per sepeda motor dan mini bus Rp.7.000, mobil Rp. 5.000 dan bus besar Rp. 12.000. Bagi wisatawan asing, tiket masuk adalah sebesar $3 setiap orangnya. Sedangkan untuk fasilitas yang ada di ketep pass sangat lengkap dimana and abisa menemukan musholla, gazebo, warung, restoran, toilet dan gardu pandang.

Museum Vulkanologi (Ketep Volcano Centre)

Ini merupakan salah satu fasilitas yang tersedia di ketep pass, dimana museum ini telah diresmikan tahun 2003 oleh Bapak Mardiyanto yang kala itu menjabat sebagai Gubernur di Jawa Tengah. Sesuai dengan namannya, didalam museum anda bisa menemukan miniatur dari gunung merapi, komputer interaktif yang akan menampilkan beragam dokumen masalah gunung berapi, poster puncak garuda, bebatuan bukti dari letusan dan aktifitas gunung berapi, foto-foto tentang aktifitas gunung merapi dan poster peringatan dini akan letusan gunung merapi.

Bioskop Mini (Ketep Volcano Theatre)

Ini merupakan bioskop yang akan menampung sebanyak 78 orang yang akan menampilkan film yang menunjukan tentang sejarah dari gunung merapi tersebut. Film ini akan menceritakan tentang segala hal yang menyangkut gunung merapi seperti jalur pendakian, sejarah gunung merapi, letusan gunung merapi dan penelitian puncak garuda. Anda hanya akan menggunakan waktu sekitar 25 menit untuk menyaksikan film pendek di bioskop mini ini.

Teropong

Jika ingin menikmati keindahan dan pemandangan dari gunung-gunung yang ada di sekitar lokasi ketep pass maka anda bisa menyewa teropong yang telah disediakan. Cukup dengan uang Rp. 5.000 maka anda sudah bisa menikmati pemandangan tersebut.

Pelataran Panca Arga

Ini merupakan daerah atau lokasi yang bisa disebut sebagai puncak dan tempat tertinggi di ketep pass. Panca arga sendiri memiliki makan lima gunung yang berarti pengunjung bisa menikmati dan disajikan keindahan dari ke lima gunung yang ada di sekitar lokasi ketep pass tersebut. Kelima gunung itu adalah gunung Slamet, Merapi, Merbabu, Sumbing dan Sindoro.