Apa yang bakalan kamu ingat ketika seseorang membicarakan tentang candi Borobudur? Apakah keindahan candi yang terlihat tersusun sangat epik tersebut? Tangganya yang panjang dan melelahkan? Atau kekayaan seni budaya yang dilambangkan oleh candi tersebut? Sebenarnya, ada 7 fakta yang mungkin tidak diketahui oleh semua orang tentang candi Borobudur ini. Apa saja ke tujuh fakta tersebut? Na, mari kita simak penjelasan berikut ini.

Fakta Tersembunyi Tentang Wisata Candi Borobudur

1. Peranan Thomas Raffles Atas Kejayaan dan Kepopuleran Borobudur

Tahukah kamu? Wisata candi borobudur ini konon dikenal banyak orang berkat jasa dari gubernur jenderal Inggris yang bernama Sir Thomas Raffles. Diamana ia menuliskan tentang sejarah singkat candi borobudur yang ia temukan berupa gundukan dari bebatuan yang lumayan besar dan ada di dalam tanah yang juga ditutupi oleh rimbunnya semak belukar. Ini ia tuliskan dalam sebuah buku tentang sejarah pulau Jawa atau yang dinamai The History of Java.

2. Asal Usul Nama Borobudur Yang Masih Menjadi Misteri

Walaupun sudah banyak para ahli yang mencoba untuk mebuka tabir tentang misteri penamaan dari candi borobudur tersebut, namun hingga saat ini masih menjadi sebuah misteri. Dimana dikemukakan 3 versi dari nama candi Borobudur yaitu : Boro = agung dan Budur = Budhha, Boro = nama daerah dan Budur = kuno serta Boro = Banyak dan Buddur = Buddha.

3. Letak atau Lokasi Candi Borobudur

Wisata candi Borobudur ini bearada di daerah yang strategis nan subur. Dimana candi ini adalah candi yang diapit oleh dua jenis pasang gunung yaitu gunung Merbabu dan gunung Merapi, serta Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Jadi apabila ingin rekreasi ke candi borobudur ini bisa menggunakan sewa bus jogja sehingga semua keluarga dapat berlibur berbarengan ke candi borobudur.

4. Bahan Penyusun Candi Yang Msiterius

Candi Brorobudur adalah salah satu candi Buddha yang terbesar di dunia dengan susunan candi tanpa adanya bahan pelekat apapun! Kamu yang pernah mengunjungi candi ini pastinya tahu bahwa candi ini hanya terdiri dari bangunan balok vulkanik. Namun, susunan balok pendiri candi ini anehgnya tetap berdiri kokoh walaupun tanpa bahan perekat. Dan anehnya, siapa yang menyusunnya? Atau darimana asal balok-balok vulkanik tersebut?

5. Kaya Akan Relief Yang Dekoratif

Salah satu candi bersejarah di Indonesia ini mengandung 2672 relief yang terdiri dari 1460 relief tentang kisah candi tersebut dan 1212 relief yang dekoratif. Candi yang berukuran 123 x 123 atau berbentuk persegi ini memiliki 504 arca Buddha.

6. Kisah Kehidupan Buddha

Kamu harus tahu bahwa setiap detail dari relief yang terukit dengan rapidi candi borobudur adalah sebuah cerita dari kehidupan Buddha. Dan inilah yang menjadi sisi hebat dari candi Borobudur, dimana relief yang dimiliki benar-benar detail dan sekitar 1460 total relief yang ada di candi tersebut adalah kisah keseharian Buddha.

7. Pengakuan Mengejutkan

Hal lain yang merupakan fakta terakhir adalah pernyataan kontrovesial dan mengejutkan yang datang dari seniman arsitektur W.O.J Nieuwenkamp yang menyatakan bahwa daratan kendu pada zaman dahulu adalah sebuah danau purba. Ini adalah pernyataannya yang menyatakan bahwa candi borobudur adalah sebuah lambang dari bunga teratai yang ada dan mengapung apda sebuah dataran danau purba. Hanya saja hipotesis ini masih dalam tahapan pengkajian sejumlah ahli.

Demikianlah 7 fakta mengejutkan tentang candi Borobudur yang sebaiknya and aketahui. Jika tertarik ingin mengunjungi candi ini, maka harus menyiapkan uang senilai Rp. 30.000 sebagai harga tiket masuk candi Borobudur.

Bagikan Ke Teman-Teman Ya!